Dimsum 9 Ayam: Versi Halal 9 Naga

Best dimsum resto in town!

Saya suka dimsum, banget. Makanya ketika tahu ada resto dimsum yang baru buka di Bandung, penasaran dong mau coba. Beberapa kali lewat depan resto selalu ramai, makin lah menambah penasaran. Emang se enak apa sih?

Resto ini buka 06.00 pagi. Maka dari itu kami pilih waktu datang sekitar jam 10. Supaya nggak terlalu ramai sama orang yang cari sarapan, dan nggak terlalu siang juga karena ramai sama orang yang cari makan siang. Meski udah 'berstrategi',  tetap aja ramai dan harus masuk waiting list meski nggak lama.

Suasana resto jam 10 an pagi.

Lokasi resto ada di pinggir jalan tepatnya di daerah Pasir Kaliki. Interior restoran dominan warna putih dengan ceiling  tinggi, memberikan kesan nggak sumpek dan lebih lega. Meskipun nggak ada AC, cuma pake kipas, di dalam terasa sejuk. Mirip banget dengan lokal resto Hongkong dengan meja-meja besar dan panjang. 

Emang resto hidangan ala Hongkong sih.

Konsepnya open kitchen, jadi kita bisa melihat gimana para chef mempersiapkan pesanan pelanggan, juga tau ke higienis an dan kebersihan makanan yang disajikan. Chef nya pada pake sarung tangan dan penutup kepala untuk mengurangi resiko adanya hal-hal yang tidak diinginkan jatuh ke makanan, seperti helaian rambut. 

Bisa lihat chefs lagi prepare.

Ada 96 menu makanan dan minuman yang bisa dipilih. Makanan berat seperti bakmie, bubur ayam, nasi gurih. Tersedia juga light meal seperti dimsum, hakau, bakpao, yang bisa dipilih penyajiannya kukus atau goreng.

Jadi katanya ini tuh versi halal dari resto dimsum Sembilan Naga yang ada di Paskal Hyper Square. Udah ada klarifikasi di Instagram nya kalau dalam proses  pembuatan, tidak ada bahan haram yaitu babi dan alkohol. Termasuk angciu, mirin, dan alcohol cooking yang lain.

Waktu ke sini saya pesannya takeaway, jadi pilih pesanan dulu terus bayar ke kasir dan tinggal menunggu sampai makanannya siap. Nggak terlalu lama, tapi nggak terlalu sebentar juga sih. Biasa aja, nggak sampai bikin marah pokoknya. 

Kemasan makanan takeaway pake kardus yang dalamnya ada lapisan plastik, sehingga nggak benyek meskipun makanan hangat atau panas di dalam mengeluarkan uap air

Kemudian dicek ulang sama mbaknya, udah lengkap atau belum. Dikasih juga beberapa sumpit dan cocolan seperti saus tomat, saus sambal, dan chili oil.

Karena setelah dari resto kita melakukan perjalanan yang lumayan jauh, ketika dibuka makanannya udah pada dingin. Gimana rasanya?

Kami pesan sembilan menu:

Jus Barley

1. Jus Barley (18k)

Saya beli jus ini karena sering lihat di menu 2D1N, penasaran pengen coba. Disajikan dengan irisan lemon, rasa jus barley kaya air gula tapi lebih segar karena ada lemon. Teksturnya kayak air tajin.

2. Chong Fun Ayam Cincang (32k)

Beli karena namanya, penasaran sama bentuk makanannya. Jadi ternyata isinya adalah lembaran adonan tepung beras kukus yang digulung, kemudian dipotong potong, plus ayam cincang berbumbu yang dibentuk pipih. Dilengkapi dengan kuah yang rasanya, kayaknya sih, terdiri dari kecap asin, kecap inggris, minyak ikan, dan bumbu lain. Ini salah satu makanan favorit karena teksturnya kenyal dan rasanya gurih. Sedeep.

Cheong Fun || Tahu Goreng

3. Tahu Goreng 9 Ayam (20k/3pcs)

Semacam tahu isi goreng yang ada di pinggir jalan, tapi lebih premium karena isinya daging ayam beneran dengan serutan wortel (ofc lebih baik nya ayamnya). Rasanya gurih daging ayam.

4. Mantau Goreng (18k/3pcs)

Pesan ini karena sering dengar namanya tapi belum pernah coba. Ternyata kayak bakpau tapi nggak ada isinya. Rasanya seperti roti goreng, tapi lebih lembuuut luar dalam. Manisnya hint aja, ga giung.

Mantau kukus || Mantau goreng

5. Mantau Kukus (18k/3pcs)

Sama seperti mantau goreng tapi lebih plain. Surprisingly,  meskipun sudah dingin tapi tetap empuk dan luarnya nggak kasar, halus gitu loh. 

6. Hakau Udang Steam (23k/3pcs)

Ini juga salah satu favorit saya bangett. Udah pengen coba dari lama dan penasaran pengen liat langsung bentuk hakau itu kayak gimana. Kulitnya kerut kerut tipis sampai transparan, kelihatan dalamnya, dan waktu digigit.....saya expect filling udang giling campur tepung, ternyata isinya full potongan udang besar tanpa campuran lain. Saya suka banget!

Siumai || Hakau

7. Siumay 9 Ayam (22k/3pcs)

Dari bentukan nya standar siumai yang biasa kita lihat. Tapi isinya full daging, gak kerasa tepung sama sekali. Gurihnya daging ayam asli  berbumbu.

8. Lumpia Ayam Udang Steam (21k/3pcs)

Lumpianya pakai bungkus kulit tahu, dengan isi ayam dan udang. Dikukus dengan kuah yang agak mirip dengan cheong fun tapi ini lebih light.

Bakpao || Lumpia

9. Bakpau 9 Ayam Steam (21k/3pcs)

Menurut saya adonan luarnya lebih lembut daripada mantau. Dan bedanya bakpau ini ada isinya. Lebih premium karena full ayam, bukan yang ada campuran sayur banyak terus berbumbu kuat gitu. Ini salah satu yang paling saya suka juga.

Saya juga bikin video reels, bisa dilihat di sini:

Overall saya approve dengan rasa makanannya. Yang manis nggak terlalu manis, yang gurih, gurih nya enak rasa asli daging. 

Yang saya pesan kebanyakan light meal. Untuk kapan-kapan lagi pengen pesan makanan beratnya seperti bubur dan bakmie. Kebetulan waktu itu semua varian bakminya lagi abis huhu.

Dan gara gara liat review yang lain, saya jadi penasaran sama cakue mayonesnya.

Kalau lagi di Bandung, cobe deh ke siniii. Rasa sepadan lah sama harganya.

4 comments:

  1. Aghhhhhhh mba, akupun sukaaaaa banget Ama dimsum ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜. Makanya kalo ada resto dimsum baru di JKT, biasanya aku coba tuh. Duuuh ini liat penampakan hakawnya aja udh ngileeer beuuut ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ. Harus aku catat sih, kalo ntr ke Bandung wajib cobain.

    Pas ke Hongkong dulu, yg aku incer duluan juga dimsum mba, dan kebetulan ada yg halal tuh. Blm bisa lupain rasanya, enak bangetttt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kak cobain deh, terutama halau nya yaa. Parah sih pake udang yg gede loh, bukan ukuran biasa. Warnanya juga sampe merah gitu, sedepp bgt asli! Mantaunya jg enak huhu.

      Gara2 dari sini, tiap kemana incerannya jadi dimsum deh ๐Ÿ˜‚

      Waaa belum pernah ke HK ๐Ÿฅฒ Semoga bisa kapan2 ke sana biidznillah. Soooonnn๐Ÿ˜‚

      Delete
  2. Kepengen banget aku makan dimsum ini. Ah, dari gambarnya aja udah bikin ngeces hahaha :D Itungannya terjangkau ya ini pasti bakalan nambah terus. Luas juga restonya. Kalau ke Bandung mampirin ah. TFS. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe sama mbak, sebelumnya dah beberapa kalo lewat depannya selalu ramee. Meningkatkan rasa penasaran doong. Harga mid to up sih hehe.

      Iya kaaak, at least nyobain sekali :)

      Sama-sama kak, terima kasih jugaa. Salam kenal bu Nurul Sufitri :)

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya.

Bila berkenan sila meninggalkan komentar, supaya; 1) saya bisa tahu kamu, kita berkenalan, saya mampir ke blog kamu, kita menjadi teman! 2) beritahu saya apabila ada kritik dan saran.

Sekali lagi, terimakasih banyak :)

Instagram