Pentingnya Sabun Wajah dengan pH Human Balance: Dewpre Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

1

Cuci muka adalah salah satu langkah paling dasar dan penting dalam merawat wajah. Namun, mungkin masih ada di antara kita yang salah melakukannya. Termasuk aku, awalnya. Bisa jadi salah prosedur, salah produk, salah timing, atau salah persepsi.

Contohnya dari saya dulu deh. Duluuuuu saya tuh cuci muka sampai lima kali sehari sesuai jadwal wudu, ngeri. Duluuuuu saya suka sabun wajah yang busanya banyak karena mikirnya bakal hemat, ngeri. Duluuuuu, saya pakai sabun wajah lalu dibiarin sambil bersihin badan, ngeri. Duluuuuu saya suka kalo habis cuci muka terasa kesat dan ketarik seakan semua kotoran hempas, ngeri.

Ngeri semua deh apa yang saya lakuin dulu. Belum ngerti tentang skin barrier soalnya. Huhu.

Nah bagusnya sekarang, makin banyak tuh pakar yang jelasin tentang DO and DON’TS dalam mencuci muka sesuai dengan penelitian ilmiah. Selain itu yang sama pentingnya: memilih produk. Kalopun langkah udah bener, tapi kandungan sabunnya gak mendukung, yo podo ae.

Jadi di sini saya akan bahas empat poin penting sebagai pertimbangan memilih sabun wajah berdasar scientific research, ga sekadar tosh.

1. Pentingnya pH Human Balance

Pasti udah banyak deh yang sering denger pH balance. Apa siih maksudnya? Gini loh, jadi tuh permukaan kulit kita ada yang namanya mantle acid terdiri dari keringat dan sebum. Sebum apalagi kak? Sebum adalah minyak alami yang diproduksi kulit. Selanjutnya, acid mantle inilah yang disebut skin barrier. Fungsinya apa kak? Melindungi wajah dari bakteri, jamur, dan menjaga kelembapan.

Nah, acid mantle itu secara alami bersifat cenderung asam, normalnya 4-6.5. Lalu apakah kita harus cari yang level asamnya tinggi? Salah juga. Karena kondisi kulit wajah terlalu asam akan menyebabkan tumbuhnya bakteri penyebab jerawat dan iritasi. Sebaliknya kalau terlalu basa, kulit menjadi sangat kering dan terlihat kusam, bahkan gatal mengelupas.

Tapi kan make facial wash tuh cuma bentaran, abistu ilang disiram. Ya ga akan terjadi dalam semalam, tapi lama-lama skin barrier akan rusak. Maka dari itu penting pilih sabun wajah yang ph nya seimbang dengan kondisi pH alami wajah kita.

2. Facial Foam Cleansing Gel

Bedanya apa sama facial wash? Kayanya dua hal yang sama padahal beda. Apanya? Kecocokannya sama tipe jenis kulit. Facial foam lebih lembut di kulit, cocok untuk jenis kulit normal to oily dengan masalah kulit biasanya; jerawat, berminyak, dan sensitif. Sebaliknya facial wash cocok untuk jenis kulit kering.

Facial foam dengan tekstur gel punya formula yang lebih lembut sehingga mengurangi risiko munculnya iritasi pada kulit. Cocok banget untuk tipe kulit kombinasi.

3. Pilih Gentle Cleanser

Apalagiiii gentle cleanser tuh? Yaitu pembersih yang tidak mengandung bahan-bahan penyebab iritasi di kulit wajah,  seperti alkohol, parfum, paraben.

4. Kandungan Produk

Penting banget! Untuk tahu kegunaan bahan-bahan yang digunakan pada suatu produk, cocok gak sama tipe dan masalah kulit? Karena salah bahan bisa jadi bukannya mengatasi masalah kulit, instead make it worse. Khususnya kali ini bahas beberapa bahan yang klop banget disandingkan dengan tipe kulit kombinasi dan berminyak.

- Tea Tree Oil

Bahan ini sih semua orang udah tahu deh. Tapi mungkin bertanya-tanya, kenapa kok bisa ampuh mengatasi jerawat? Jadi dia tuh mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi. Antibakteri jelas ya, menghalau berkembangnya bakteri yang nyampur sebum, keringat, kotoran lain, debu, trus nyumbat pori-pori, dan jadilah jerawat.

Nah kalo antiinflamasi, ketika muncul jerawat, dia tuh membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan rasa sakitnya.

- Green Tea Leaves (Camelia sinesis) Extract

Punya potensi untuk mencegah kanker kulit seperti melanoma dan nonmelanoma, juga mengandung antioksidan polyphenols yang bermanfaat menjaga kesehatan dan keremajaan kulit.

Anyway anyway! Tau ga sih facts tentang tea tree oil dan green tea oil/extract? Apakah kalau tea tree itu berarti diambil dari pohonnya, sedangkan green tea dari daunnya? Awalnya saya mikir juga gitu. Ternyata gak gitu, teman-teman. Tea tree oil berasal dari daun tumbuhan Melaleuca alternifolia/paperbank/honey mrtyle yang hanya tumbuh di Australia. Tapiii ada juga loh rumpun tea tree di Indonesia: Eucalyptus atau kayu putih.

Sedangkan green tea oil/extract berasal dari Camellia sinensis, yang juga cikal bakalnya white tea dan black tea. Beda cara proses pengolahannya aja.

- Quillaja Saponaria Bark

FYI, Quillaja adalah pohon yang hijau sepanjang tahun, umumnya berasal dari Chili tengah yang beriklim hangat. Nah yang dimanfaatkan itu kulit bagian dalam yang direduksi menjadi bubuk, karena dapat menghasilkan busa alami dari kandungan saponin glikosida nya.

- Gliserin

Kalo ini sih udah pada banyak yang tahu yaa. Berfungsi untuk menjaga kelembapan dengan menarik oksigen dan uap air sehingga kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik. 

- Glycol

Glikol, berarti alhokohol. Loh, tadi katanya salah satu bahan yang memicu kulit iritasi? jadi alkohol dalam produk kecantikan itu banyak jenisnya ya fren. Nah butylene ini lebih dipilih menggantikan propylene yang terkadang menimbulkan iritasi. Dan btw, alkohol itu juga ada manfaatnya untuk kulit, yaitu; membantu penyerapan produk leibh cepat, melarutkan kotoran dan lemak (minyak) di wajah, mengurangi penyumbatan pori-pori.

Nah itu ya fren, beberapa penjabaran ‘FYI’ tentang gambaran produk pembersih wajah yang harus diperhatikan. Ada ga yang memenuhi semua kriteria di atas?


Dalam box tersedia alat tes nilai pH.

Ada! Tea Tree 5.5 Cleansing Foam dari Dewpre. Wah iklan nih iklan! Tunggu tunggu......nih ya saya tunjukkan hasil tes uji pH produk Dewpre (kiri) dibandingkan dengan produk lain (kanan):


Hasil uji tes nilai pH pada sabun wajah Dewpre (kiri) dan merk X (kanan). Dewpre menunjukkan kesamaan dengan tabel warna di angka antara 5-6, sedangkan produk X antara angka 10-11. 

Dengan perkiraan nilai ph 5.5, inysaAllah seimbang dengan kondisi alami pH di kulit wajah kita. Saya udah coba selama dua bulan, dan ngerasain sendiri gimana fresh nya ketika sedang dan habis cuci muka. ga ada tambahan parfum, jadi wangi natural tea tree oil nya aja. Ga ada sensasi ketarik, tapi tetep kerasa bersih. Setelah wajah kering juga ga kerasa ‘gersang’. Akibatnya? Ga muncul bruntusan.

NO SLS. Apalagi ini SLS kakak? Kepanjangannya sodium lauryl sulfate. Dia nih punya kemampuan untuk menghasilkan busa. Ga bahaya sampe karsinogenik, tapiii tinggi banget menyebabkan risiko iritasi sebab tingginya pH si SLS ini. Dan sebenernya ada manfaatnya kok, yaitu memecah lemak atau minyak sehingga bisa melunturkan kotoran. Tapii kalo kandungannya tinggi yaa jadi ga baik.

Makanya produk yang busanya banyak bisa dipastikan kandungan SLSnya banyak. Kaya detergen baju, sabun cuci piring, sampo, pasta gigi.

Ini pendapat saya pribadi ya, kalo di produk selain untuk wajah masih oke aja terutama kaya deterjen baju atau sabun cuci piring. Karena ga ke kulit manusia dan emang buat ngangkat kotoran berat. Tapi kalau buat wajah, ngeri ih.

Eh! Produk Dewpre ini juga ada tuh busanya. Iya emang ada, dari kandungan tanaman Quillaja Saponaria Bark itu. InsyaAllah sih lebih aman karena kandungannya sedikit dan berasal dari ekstrak tanaman. 

Bentuk produk yang merupakan cleansing foam gel piunya kandungan yang pas banget kandungannya cocok di saya yang tipe kombinasi ini, butuh yang mild dan gentle. Moisturized iya, soothed iya, plus ada antioksidan dan antibakterial. Lengkap!

Omong-omong produk Dewpre vegan yaa. Hanya menggunakan bahan-bahan dasar tanaman dan cruelty free alias ga ada percobaan ke binatang.

Yuk mulai aware dan beralih ke produk yang lebih aman untuk kulit :)

23 comments:

  1. Terima kasih untuk segala informasi yang mencerahkan kulit wanita bumi pertiwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin inilah saat di mana wanita bumi pertiwi dan wanita ginseng bersatu padu melawan polusi. Laksanakan!!!

      Delete
  2. aku suka banget tulisannya, di highlight begini, jadi enak bacanya. aku juga pake nih si deprew, riangan banget dan wangi tea threenya enak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak kak Putri :)
      Emang agak effort sih, tapi saya sendiri juga suka bacanya, jadi semangat bikinnya hehe.
      Waah Dewpre gang nih kitaa hehe.

      Delete
  3. wohooo, ngeriii juga ya perbedaan pH dari sabun X ama Dewpre ini.
    jadi pengen cobain juga deh sabun wajah yang punya pH human ini biar kulit jadi lebih sehat alami ya apalagi gak ada wangi lain kecuali tea tree oilnya ya itu kan menenangkan banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bener kakkk. Konsekuensi jangka panjangnya bisa merusak kulit huhu.
      Apalagi skin barrier kan sepenting ituu.

      Delete
  4. logo halalnya bikin aku pengen nyobain mba. aku baru tahu mba tentang PH human ini bisa jadi pertimbangan kalau ingin membeli facial wash agar lebih tepat guna pada wajah kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba ya kaak, pH human balance harus banget diketahui siapa-siapa yang make facial wash. Supaya ga salah langkah hehe.

      Delete
  5. aku juga pake ini mbak, dan emang gnyaman ya di kulit :) aromanya juga menenangkan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa nemu lagi Dewpre gang!
      Semoga kulit kita selalu bisa diajak kerjasama ya kak wkwkwk.

      Delete
  6. Aku tau brand ini tapi belom pernah coba produknya. Jujur aku tertarik buat nyoba cleansing foam gel ini. Secara aku tuh udah klop banget sama kandungan tea tree dari dulu buat basmi jerawat. Kandungan lainnya juga bagus dan dia vegan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai pemilik kulit tipe normal to oily, produk ini jawaban banget sih kak. Dan udah lama pengen coba yang ada tea tree nya, kesampaian deh sekarang.

      Delete
  7. Kandungannya vegan ya berarti cocok untuk kulit sensitif. Jadi pengen nyobain deh, aku suka pake face wash.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kak. Untuk kulit sensitif, kombinasi, ini sih bagus banget bahan-bahannya. InsyaAllah cocok untuk mengatasi masalah kulit.

      Delete
  8. super duper penting bgt cuci muka sesuai dengan ph kulit wajah. jangan disepelekan memang ya mba. kalau gak mau skinbarrier rusaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr banget kak. Aku yang baru tau juga jadi ngeri kalau ada produk yg pH nya ga sesuai sama pemakaian seharusnya huhu.

      Delete
  9. Banyak yang rekomendasi ini, katanya ringan di wajah yaa.. pengen coba juga lah, mau yang aman buat kulit wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, ga leset di wajah.Jadi insyaAllah aman buat kulit :)

      Delete
  10. Mba Zahrah versi dulu adalah aku versi dulu juga. Perasaan klo kulitnya kesat setelah cuci muka itu tandanya udah bersih, hihi. Jadi penasaran sama yang vegan kaya Dewpre ini deh, apalagi udah ada sertifikasi halal nya, makin tenang deh pake nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, ternayata saya banyak temennya juga yaaa. Alhamdulillah sekarang udah dapet ilmu yang bener. Semoga kulitnya semakin mau diajak bekerja sama menuju glowing hehe.

      Delete
  11. Asli lengkap banget deh si DewPre face wash ini. Recommended buat yang punya sensitive skin, apalagi ingredientsnya juga ok semua buat mengatasi inflamasi dan calming skin.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya.

Bila berkenan sila meninggalkan komentar, supaya; 1) saya bisa tahu kamu, kita berkenalan, saya mampir ke blog kamu, kita menjadi teman! 2) beritahu saya apabila ada kritik dan saran.

Sekali lagi, terimakasih banyak :)

Instagram