Wajib Tahu! Tips Ampuh Mencari Lowongan Kerja S1 Ilmu Politik

S1 Ilmu Politik
[sumber: djeffok]

Banyak orang beranggapan bahwa kuliah di jurusan politik membuat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan. Anggapan tersebut tentu saja keliru karena saat ini prospek kerja di bidang politik semakin luas. Lowongan kerja S1 ilmu politik semakin banyak dan membuatmu leluasa memilih. Kamu hanya perlu melakukan pencarian secara efektif untuk mendapatkan informasi lowongan kerja S1 ilmu politik sesuai kemampuanmu.

Jangan putus asa dulu bila belum mendapatkan info lowongan kerja S1 ilmu politik hingga saat ini. Yuk, lakukan tips-tips ampuh ini supaya kamu bisa lekas bekerja dalam waktu dekat:

  Mencari Info Lowongan Kerja CPNS  

Info lowongan kerja Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) biasanya diinformasikan secara gencar di sejumlah media massa. Kemunculan info tersebut adalah peluang besar bagi kamu yang memiliki latat belakang pendidikan di bidang ilmu politik. Biasanya banyak lowongan kerja S1 ilmu politik di berbagai instansi pemerintahan. Kamu harus berlatih tes CPNS dan menyiapkan seluruh persyaratan pengajuan lamaran kerja supaya peluang lolos tes CPNS semakin besar. Perhatikan setiap tanggal-tanggal penting secara seksama agar tidak ada tahapan yang luput dari perhatianmu.

  Berburu Lowongan Kerja di Media Sosial  

Sekarang, informasi lowongan kerja S1 ilmu politik juga bisa diperoleh dengan mudah melalui media sosial. Bukan hanya lowongan CPNS, lowongan yang dibuka perusahaan-perusahaan besar juga kerap diinformasikan di media sosial. Mulailah mengakses akun-akun media sosial yang memuat informasi lowongan kerja. Kamu juga patut menggunakan hashtag yang tepat ketika mencari lowongan kerja tersebut. Karena biasanya informasi lowongan kerja juga disertai dengan hashtag populer yang relevan dengan informasinya.

  Melamar Pekerjaan di Universitas  

Lowongan pekerjaan di universitas memang tidak selalu disampaikan secara terbuka. Namun, kalau kamu berencana bekerja sebagai dosen ilmu politik, tak ada salahnya melamar pekerjaan ke universitas. Jangan lupa mencantumkan informasi lengkap mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerjamu (jika ada). Universitas yang sedang membutuhkan tenaga pengajar tentu akan mempertimbangkan lamaran kerjamu. Peluang untuk bekerja sesuai latar belakang pendidikanmu pun akan semakin besar.

  Mengakses Informasi dari Orang-Orang Terdekat  

Informasi tentang lowongan kerja S1 ilmu politik biasanya mudah didapatkan dari orang-orang terdekat. Jadi, cobalah kamu ingat-ingat dulu, apakah kamu punya saudara, sahabat, atau kenalan yang bekerja di bidang tersebut?
Jika ada, berarti kamu bisa mencari informasi detail tentang lowongan kerja di bidang politik. Sering kali lowongan kerja tidak diinformasikan untuk umum melainkan melalui jalur orang terdekat karena dianggap bisa memberikan referensi calon karyawan berkualitas.

  Mengandalkan Website Lowongan Kerja  

Keberadaan website lowongan kerja juga memberikan banyak kemudahan bagi kamu yang sedang mencari lowongan kerja. Gunakan kata kunci yang tepat untuk melakukan pencarian di website lowongan kerja. Kalau kamu mencari lowongan di website, peluang mendapatkan jenis pekerjaan yang beragam akan semakin besar. Sebab ilmu politik tak hanya bisa diaplikasikan di instansi pemerintahan, melainkan juga cocok mendukung strategi perusahaan besar atau startup.

  Rajin Mengikuti Job Fair  

Ajang job fair merupakan salah satu solusi untuk mencari lowongan kerja yang berkaitan dengan ilmu politik. Siapkan kelengkapan identitas, Curriculum Vitae (CV), dan portofolio (bila ada) jika berencana mengikuti job fair. Pilihlah lowongan kerja secara cermat sebelum memutuskan untuk melamar. Proses lamaran kerja dan seleksi di job fair biasanya berlangsung lebih cepat sehingga efektif menghemat waktumu.

  Berpartisipasi dalam Program Kerja Sama Universitas  

Universitas biasanya menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar untuk menyalurkan mahasiswa yang sudah lulus. Jadi, kamu harus memanfaatkan kesempatan itu semaksimal mungkin. Kamu dapat memulainya dengan mengikuti program magang dan memberikan kontribusi semaksimal mungkin. Hasil magang yang memuaskan akan memperbesar peluang untuk diterima kerja di perusahaan tempat kamu magang. Cara ini akan menghemat waktumu sebab kamu bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah.

Mencari lowongan kerja S1 ilmu politik sebenarnya tidak sulit kalau kamu melakukannya secara telaten. Banyak sekali bidang pekerjaan yang cocok dengan latar belakang pendidikan ilmu politik. Jadi, kamu tak perlu takut akan jadi pengangguran dalam waktu lama asalkan kamu benar-benar punya niat kerja yang besar.

6 comments:

  1. wah, baru tau kalo tulisannya jadi berwarna-warni kayak begini

    persoalan seperti ini, yang kadang enggak bisa di obrolin sama orangtua gue sih. hahaha. meskipun beberapa kali mengasih pengarahan serta saran, tapi ucapannya akan selalu seperti, 'Belajar yang rajin, yang banyak, rezeki sudah ada yang mengatur. tenang saja'

    untuk saat ini, gue hanya tau tiga saja. Cpns, job fair, dan juga melalui dari sosial media. yang lainnya malah baru tau uy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya pelangi ga cuma ada selepas hujan aja /eh gimana wkwk.

      Ada anak yang bisa membicarakan ini dengan orangtuanya, ada yang enggak. Tapi insyaaAllah yakin sih tiap orang juga ada jalannya masing-masing ehe.

      Iya, tenang, ada yang ngatur kalau juga ada usaha. Benar kan?

      Boleh dicoba ntar kalo udah siap terjun bebas ke dunia kerja. Semangat!

      Delete
  2. sekarang sih sudah canggih nggak seperti dulu yang harus mondar-mandir, melototin koran nyari satu demi satu. Media sosial maupun Website dan Job fair tak ketinggalan yang biasa saya gunakan sih, informasinya bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya nggak sempat merasakan zaman melototin koran. Salut banget!

      Tapi bagaimanapun perkembangan teknologi zaman dulu dan sekarang punya tantangan masing-masing ^^

      Delete
  3. wah kayaknya nggak cuma buat lulusan ilmu politik nih, tips di atas juga bisa diaplikasikan buat jurusan lain yaa

    ReplyDelete
  4. atau ikut penelitian2 dosen sih, biar dapat jalan untuk s2 dan jadi dosen

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya.

Bila berkenan sila meninggalkan komentar, supaya; 1) saya bisa tahu kamu, kita berkenalan, saya mampir ke blog kamu, kita menjadi teman! 2) beritahu saya apabila ada kritik dan saran.

Sekali lagi, terimakasih banyak :)

Instagram