Sudah Ikut Uji Coba LRT Jabodebek? Ini Tips Aman dan Nyaman Saat Naik LRT!

LRT JABODETABEK
 [sumber: nasional republika]

Moda transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT) di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) memang belum resmi beroperasi. Namun, uji coba LRT Jabodebek sudah diselenggarakan sejak pertengahan 2019 lalu. Melalui proses uji coba LRT Jabodebek, pengembang LRT akan mengumpulkan data dan melakukan evaluasi sebelum pengoperasian LRT diresmikan pada tahun 2021.

Apakah kamu sempat mengikuti uji coba LRT Jabodebek? Tak masalah kalau belum berkesempatan mencobanya. Sebagai gantinya, kamu bisa menyimak ulasan tips aman dan nyaman naik LRT berikut ini:
  
  Mempelajari Daftar Stasiun LRT Jabodebek  

Hal pertama yang patut kamu lakukan sebelum naik LRT Jabodebek adalah mempelajari daftar stasiun yang ada. Dalam proses pembangunan tahap 1, rencananya LRT akan menghubungkan kawasan Cibubur, Bekasi Timur, Bogor, dan Cawang. Kamu harus memahami rute tujuanmu dengan benar supaya dapat menentukan stasiun tempatmu akan turun nanti. Meskipun tarif LRT Jabodebek bersifat flat, tetap saja kamu harus menghemat waktu perjalanan dengan menentukan destinasi paling tepat.

  Mengetahui Jadwal Operasional LRT  

LRT Jabodebek tidak beroperasi selama 24 jam. Kendati demikian, rentang waktu operasionalnya terbilang lama, yaitu dari jam 4 pagi hingga jam 11 malam. Jam operasional tersebut tentu cukup fleksibel bagi kamu yang ingin menggunakan LRT untuk menuju ke stasiun kereta api, terminal, atau Bandara Hali Perdanakusuma. Jalur LRT yang terintegrasi dengan transportasi umum lainnya akan mempermudah aksesmu serta menghemat waktu.

  Memahami Cara Memesan Tiket LRT dengan Benar  

Cara memesan tiket LRT pada dasarnya mirip dengan cara memesan tiket kereta api. Ketika kamu tiba di stasiun, kamu harus menghampiri Ticket Vending Machine (TVM), memilih bahasa yang akan ditampilkan, lalu memilih stasiun tujuanmu. Selanjutnya, kamu harus melakukan proses pembayaran dengan uang tunai atau kartu debit. Jika sudah berhasil membayar, jangan lupa mencetak bukti pembayaran. Kamu juga bisa mengambil uang kembalian jika membayar tiket LRT dengan nominal uang yang lebih besar dari harga tiket.

  Masuk ke Area Sekitar LRT  

Bukti pembayaran tiker LRT harus di-print sebagai akses masuk ke area sekitar LRT. Nanti, kamu harus tapping terlebih dahulu agar pintu masuknya terbuka. Sebaiknya kamu tidak berdesakan di sekitar pintu masuk area LRT jika keadaan stasiun sedang penuh. Antrelah secara disiplin agar proses masuk berlangsung cepat.

  Menaati Segala Peraturan di Stasiun LRT  

Proses uji coba LRT Jabodebek bukan hanya bertujuan untuk bahan evaluasi. Lebih dari itu, proses tersebut juga bertujuan untuk sosialisasi peraturan stasiun LRT. Sehingga nantinya diharapkan masyarakat terbiasa menggunakan LRT dan menaati peraturan di stasiun. Beberapa peraturan umum yang patut kamu pahami antara lain:

·         1. Larangan makan dan minum di peron.
·         2. Larangan membuang sampah sembarangan.
·         3. Larangan bersandar atau bergelantungan di pintu serta badan LRT.
·         4. Mendahulukan penumpang yang keluar dari LRT jika kamu ingin masuk LRT tersebut.
·         5. Tidak keluar masuk LRT secara berdesak-desakan.

  Jangan Membawa Barang Bawaan atau Berpakaian Secara Berlebihan  

Keamanan dan kenyamananmu saat naik LRT akan terjaga kalau kamu bersikap wajar. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak membawa barang secara berlebihan karena hal tersebut bisa menyulitkanmu dan mengganggu penumpang lain. Gunakan pakaian yang sopan supaya tidak mencolok dan melanggar norma kesopanan. Kamu juga wajib menggunakan alas kaki yang nyaman supaya tidak mudah lelah atau cedera saat naik LRT.

  Menghormati Hak Penumpang Lain  

Bukan cuma kamu yang berhak menggunakan LRT Jabodebek secara leluasa. Ingatlah bahwa penumpang lain juga punya hak yang sama. Oleh sebab itu, usahakan untuk bersikap sopan dan wajar selama berada di LRT. Jangan meluruskan kaki di bangku atau meletakkan barang-barang di bangku kosong. Jika tidak mendapat tempat duduk, berdirilah dengan memegang posisi tubuh yang benar tanpa bergelantungan pada tali LRT.

Tak masalah kok kalau kamu waktu itu tidak ikut uji coba LRT Jabodebek. Sebentar lagi kamu bisa segera mencobanya langsung. Namun, jangan lupa menjaga attitude saat menggunakan LRT sebagai bukti bahwa kamu adalah warga negara yang baik, ya. 

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya.

Bila berkenan sila meninggalkan komentar, supaya; 1) saya bisa tahu kamu, kita berkenalan, saya mampir ke blog kamu, kita menjadi teman! 2) beritahu saya apabila ada kritik dan saran.

Sekali lagi, terimakasih banyak :)

Instagram