Cara dan Syarat Pembuatan Paspor Anak 2019 Dijamin Anti Ribet!

Cara dan Syarat Membuat Paspor untuk Anak 2019

Paspor adalah salah satu dokumen penting yang harus kamu miliki bila ingin bepergian ke luar negeri. Jika kamu sudah memiliki anak, jangan lupa pula mengurus paspor anak agar siap digunakan. Cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019 sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu memahami cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019 secara cermat supaya bisa lekas mengurusnya dengan mudah.

Jangan panik dulu jika kamu belum mengetahui cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019. Ulasan berikut ini akan menambah wawasanmu seputar proses pembuatan paspor anak:

  1. Menyiapkan Semua Dokumen Penting yang Dibutuhkan  

Hal pertama yang patut kamu lakukan adalah menyiapkan semua dokumen penting yang dibutuhkan dalam pembuatan paspor anak. Beberapa dokumen yang wajib kamu siapkan yaitu:

·        ✔️ E-KTP ayah dan ibu (atau surat rekam E-KTP)
·        ✔️ Akta perkawinan atau buku nikah orang tua
·        ✔️ Akta kelahiran anak
·        ✔️ Kartu keluarga
·        ✔️ Surat kuasa bermeterai jika salah satu orang tua tidak bisa hadir
·        ✔️ Jika orang tua sudah bercerai, maka akta cerai dan surat hak asuh wajib dilampirkan
·        ✔️ Paspor orang tua yang masih berlaku (jika ada)
·        ✔️ Paspor anak yang sudah habis masa berlakunya (jika ada)

Sebaiknya kamu menyiapkan semua dokumen tersebut dalam bentuk asli dan fotokopi. Supaya proses pembuatan paspor berlangsung lebih cepat karena semua persyaratan dokumen sudah lengkap.

  2. Melakukan Proses Pendaftaran Antrean Online  

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendaftaran antrean online. Pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi smartphone atau nomor WhatsApp masing-masing kantor imigrasi. Isilah kolom pendaftaran online sesuai data diri anak. Jika proses pendaftaran berhasil, kamu akan mendapatkan informasi baru mengenai nomor antrean dan tanggal jadwal pemeriksaa dokumen dan proses foto di kantor imigrasi.

  3. Mengajak Anak Ikut ke Kantor Imigrasi  

Bila sudah mendaftar secara online dan mendapatkan jadwal antrean, jangan lupa datang ke kantor imigrasi pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan. Ajaklah anakmu untuk ikut ke kantor imigrasi. Anak harus menggunakan pakaian berkerah dengan warna selain putih untuk kepentingan foto paspor. Jangan lupa membawa semua berkas dokumen asli dan fotokopi yang sudah kamu siapkan. Kamu juga boleh membawa pulpen hitam untuk mempermudah proses tanda tangan berkas.

  4. Menyerahkan Berkas dan Mengisi Surat Pernyataan Orang Tua  
  
Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menyerahkan berkas saat nomor antreanmu dipanggil. Serahkan seluruh berkas anak kemudian bersiaplah mengisi surat pernyataan orang tua yang dilengkapi meterai Rp 6.000. Jika semua berkas yang kamu siapkan sudah lengkap, kamu tinggal menunggu giliran wawancara dan foto.

  5. Proses Wawancara dan Foto Anak  

Tahapan yang cukup menantang dalam rangkaian cara dan syarat pembuatan paspor anak 2019 adalah wawancara dan foto. Apalagi kalau si kecil tergolong sensitif dan agak sulit beradaptasi dengan orang asing. Kamu harus berusaha menenangkan si kecil dan menjawab pertanyaan wawancara dengan tepat. Lalu, kamu harus mendampingi si kecil untuk membuat foto paspor. Usahakan agar anakmu tetap rileks dan fokus selama proses foto supaya hasilnya maksimal tanpa pengulangan berkali-kali, ya.

  6. Membayar Biaya Pembuatan Paspor Anak  

Jika sesia foto dan wawancara sudah selesai, selanjutnya kamu tinggal membawa berkas yang diberikan petugas untuk membayar biaya pembuatan paspor. Nanti, bukti pembayaran harus dibawa lagi ke petugas agar kamu bisa mendapatkan dengan bukti pengambilan paspor. Proses ini biasanya tidak memakan waktu lama, terutama jika kantor imigrasi sedang sepi.

  7. Mengambil Paspor Anak yang Sudah Selesai  

Tahap terakhir dalam proses pembuatan paspor anak adalah mengambil paspor yang sudah selesai. Kamu harus membawa kartu identitas, bukti pembayaran, dan lembar bukti pengambilan paspor saat mengantre. Biasanya proses paspor akan selesai dalam waktu tiga hari kerja. Namun, kamu bisa mengambilnya dalam kurun waktu lebih dari tiga hari untuk memastikan bahwa paspor tersebut benar-benar sudah rampung.

Nah, kini kamu tahu kan kalau cara dan syarat pembuatan paspor anak tidak sesulit yang kamu bayangkan. Pahami semua prosesnya dengan cermat supaya urusan paspor si kecil bisa diselesaikan dalam waktu singkat tanpa drama-drama menyebalkan.

2 comments:

  1. mau bikin tapi akta lahir anak belum jadi huwaaaaaa..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya.

Bila berkenan sila meninggalkan komentar, supaya; 1) saya bisa tahu kamu, kita berkenalan, saya mampir ke blog kamu, kita menjadi teman! 2) beritahu saya apabila ada kritik dan saran.

Sekali lagi, terimakasih banyak :)

Instagram