Efek Ganti Domain

Efek Ganti Domain

Terhitung mulai bulan Oktober tahun 2018 lalu, saya mengganti total unsur-unsur pada tautan blog ini. zharnd menjadi zahrahnida, .net menjadi .com. Jadi, selamat datang untuk zahrahnida.com telah berkenan masuk dalam perjalanan hidup naega, ew. Sampai  di titik perubahan ini, saya melalui sekian tahap kontemplasi. Kalau gini gimana yah, nanti jadinya gimana yah, efeknya apa yah, apa yang akan terjadi kalau ganti domain ya Allah huhu.

Latar belakang sesungguhnya adalah, ketika mendapat surat elektronik dari Qwords, tercantum biaya yang harus saya keluarkan untuk mempertahankan alamat domain. Kalau sampai waktu yang ditentukan tidak membayar, maka alamat domain Anda dapat diklaim oleh orang lain. Serem amat, padahal juga zharnd bukan frasa read-catching yang punya potensi untuk diperebutkan, hm.

Pun sebenarnya bukan zharnd yang jadi masalah, melainkan si .net yang harus saya tebus di angka tiga ratus ribu. Angka ini melonjak dua kali lipat dari harga terakhir tahun lalu yang masih berkisar seratus ribuan. Malah di awal beli hanya 25K, diskonan dong hahaha. Lebih-lebih, Qwords menyatakan bahwa, mereka tidak lagi membuka layanan pembuatan domain .net. Hanya disediakan bagi pengguna lama, saya salah satunya.

Atas dasar itu berkembanglah alasan yang menjuntai di kepala saya, mengapa (rasanya) harus ganti domain:

1. Nama zharnd tidak bisa dibaca, wkwkwk. Kalau menurut lidah saya sih, just zarn.
2. Domain .net berasa kayak olshop, ntah ini pemikiran darimana.
3. Nama zharnd sulit dieja!

Akhirnya, mulailah saya berpetualang virtual mencari para pelayan domain.

Saya berdiskusi dengan beberapa teman dari komunitas blogger mengenai apa yang akan terjadi apabila terjadi fenomena perubahan domain pada blog?  Dengan baik hati dan sabar, ada beberapa teman yang bersedia mengobrol dengan saya lewat jalur pribadi. Senang sekali! Terimakasih telah meluangkan waktunya untuk menjawab pertanyaan saya. Yang....................................sayangnya, tidak bisa membuat saya paham. Sedihnya.

Pertanyaannya mudah:

1. Apakah views akan teratur ulang? Kembali ke awal?
2. Apa yang akan terjadi pada blog sayaaa?

Karena jadi makin pusing, yasudahlah mau tidak mau mantap ganti domain. Saya berselancar membuka beberapa penyedia jasa pembuatan domain dan hosting seperti niagahoster, rumahweb, domainesia, masterweb, dan lain-lain. Saya teliti mulai dari uptime, load time, support, bandwidth, dan harga! Terimakasih kepada situs penasihathosting yang membagikan informasi super detail mengenai masing-masing provider, saya sangat terbantu menemukan domainesia.

Yeup, saya memilih domainesia sebagai partner layanan domain untuk blog ini selama setahun kedepan. Alasan yang pertama, kerena domain .com sedang promo, horee! Kedua, layanan konsumennya ramah. Enggak semuanya sih, mengingat ada beberapa CS yang melayani saya. Dan yang terakhir alhamdulillah super baik!

Engga pakai nawar harga karena bukan pasar tradisional, siang itu kami deal dan saya segera bayar di waralaba terdekat. Setelah bayar, saya mulai otak-atik pengaturan di akun domainesia untuk mengatur domain yang baru. Terakhir melakukan hal seperti ini tiga tahun lalu saat pindah ke TLD, bikin kagok. Sisa setengah hari itu saya gunakan untuk berulang kali mengulang dari awal langkah-langkah yang diberikan oleh mas CS.

Saya akui, sistem yang digunakan domainesia untuk pengguna barunya seperti saya lumayan tricky. Susah-susah gampang banget ternyata, so simple! Bagan yang diisi tidak sebanyak Qwords. 

Ups. Okay, kembali ke judul.

JADI, APA EFEKNYA?

Pertamaviews tidak teratur ulangㅡreset. Baik blog views maupun page views. Bahasa ringannya, gak terhapus. 

Kedua, rasanya seperti punya blog baru. Dalam hal ini, karena alamat domain berganti, otomatis mesin pencari tidak akan menemukan jalan ke rumah kita. Ibaratnya tetangga berkunjung ke rumah di kelurahan Toronto tidak bisa menemukan ane karena sudah pindah ke kelurahan Ankara. Yang biasanya sehari dapat tiga digit views meski blog nya ngga diapa-apain, sekarang dua digit aja. It's not about the numbers but usefulness lol.

Jadi semua internal link maupun external link yang sudah terhimpun selama tiga tahunan ini tidak ada artinya, huhu. Internal link masih bisa dipulihkan sendiri dengan mengganti tautan satu-satu dalam artikel blog. Tapi kalau external link, waduh kudu menghubungi third parties (apaan dah) satu-satu.

Itu aja sih. 


Dan dengan bergantinya domain terhitung sejak Oktober 2018 lalu, saya berharap blog ini akan lebih berguna untuk siapapun yang tersesat di sini. I hope all my upcoming writings will entertain you scientifically hahaha. I just love elaborating opinion, fiction, visual, and science altogether. Saya senang sekali ketika ada yang berkomentar, 'saya suka cara menulis kamu!' it means a lot for me, it means I have my own thing I can be proud of ㅠㅡㅠ Juga kalimat, 'saya suka hasil jepretanmu! Saya suka hasil editanmu!' y'know be praised for things you like to do is incredibly amazing, hahaㅡespecially for amateur like me.

So last but not least;


bucharest-font

𝐇𝐚𝐢, 𝐭𝐞𝐫𝐢𝐦𝐚𝐤𝐚𝐬𝐢𝐡 𝐭𝐞𝐥𝐚𝐡 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐮𝐧𝐣𝐮𝐧𝐠 𝐝𝐚𝐧 𝐛𝐞𝐫𝐤𝐞𝐧𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐚𝐜𝐚 𝐭𝐮𝐥𝐢𝐬𝐚𝐧 𝐬𝐚𝐲𝐚. 𝐊𝐢𝐫𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐬𝐮𝐝𝐢 𝐮𝐧𝐭𝐮𝐤 𝐦𝐞𝐧𝐮𝐥𝐢𝐬𝐤𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐬𝐮𝐚𝐭𝐮 𝐝𝐢 𝐤𝐨𝐥𝐨𝐦 𝐤𝐨𝐦𝐞𝐧𝐭𝐚𝐫, 𝐬𝐮𝐩𝐚𝐲𝐚 𝐤𝐢𝐭𝐚 𝐛𝐢𝐬𝐚 𝐬𝐚𝐥𝐢𝐧𝐠 𝐤𝐞𝐧𝐚𝐥 :) 𝐌𝐚𝐫𝐢 𝐛𝐞𝐫𝐭𝐞𝐦𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐢𝐧𝐬𝐭𝐚𝐠𝐫𝐚𝐦 @𝐙𝐇𝐀𝐑𝐍𝐃

47 comments:

  1. Waahh mantep Nid.. :D
    Aku juga bulan ini habis perpanjangan domain.. awalnya pageview blogku tembus diangka 0 .. saya kira kenapa,, ehh pas buka email rupanya udah habis masa sewanya, dan dikasih waktu 20 hari sama idwebhost buat perpanjangan.. kalau nggak yaaa udah .. Hahahaha.. langsung deh grusa grusu nyari ATM malem malem, gerimis pula :D
    ..
    . Kalau tak perhatiin emang sih, ada yg beda gitu dari blogmu.. soalnya kan kalau udah follow bisa ngelihat siapa saja yang update blog, nah pas saya buka blogmu ada yang beda gitu mulai dari alamat urlnya dan domainya, tak pikir udah jenuh dengan yg lama atau gimana.. Wkwk.. btw yang baru lebih enak diucap daripada pas namanya zharnd.. Wkwkwk #Piss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih gerimis, ga badai hehe.

      Omong-omong waktu saya di Qwords, bahkan sebulan sebelumnya sudah mulai dikirim email terus-terusan tentang perpanjangan domain ini. Cuma ya selama sebulan itu juga mikir mau ganti domain atau engga XD

      Bukannya jenuh tapi sudah menjadi kebutuhan untuk ganti domain wkwkw.
      Nah, itu dia :D

      Delete
  2. Ganti template juga laaah biar lebih peace love and gaul. Hahaha

    ReplyDelete
  3. wihiii congrats zahraaaaah buat domain barunya

    iyaa, aku dulu kesusahan mengeja nama blogmu, hahaha

    tenang, link blogmu yang lama akan kuubah. Inshaa Allah kusegerakan, hehe
    💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih terimakasih terimakasih banyak hehehhe xD

      Bahkan mungkin tak bisa dieja hahaha :D

      Waaaaa terimakasih dari hatiku yang paling dalam kakak!
      Aku sungguh terharu atas perhatian kakak {.}

      Delete
  4. Wih, emang biar universal pake .com sih, kalo web yang fokus buat informasi biasanya net. Ada juga yang lebih murah web.id tapi masih kurang populer.

    Domainnya lebih gampang yang sekarang mba bacanya hehe, semoga sukses dengan domain barunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dahulu kala pilih .net karena lagi promo 25k, ga bisa nolak lah saya. Waktu itu wkkwkwkw.
      Ga mikir ke universal an atau kelaziman domain tersebut untuk personal blog hehe.

      Terimakasih banyak!
      Sukses pula untuk masing-masing kita :D

      Delete
  5. saya dari dulu pakai .com tapi ini kali kedua saya ganti nama.
    pengen yang lebih "kita"nya gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lebih menampilkan sisi personal gitu ya kak?

      Karena masing-masing kita unik, yaudah itu yang ditampilkan :D
      /apaansik xD

      Delete
  6. Halo zhrand eh zhrnad eh zharnd ah apalah terserah, wkwk.berkunjung kesini setelah baca2 komentar2 lama di postingan blogku (sesi nostalgia), kebanyakan dah pada pensiun eh nemu ini yg masih aktif, alhamdulilah.

    Aku juga baru ganti nama domain, daaaan pagerank, pageview, serta page2 lainya yg sudah susah payah dikumpulkan hilaaang semua. Harus merangkak dari awal lagi deh. Sedih saya. Btw nama domain yg ini lebih bagus sih, lebih enak di ingat dan lebih terlihat pro. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas Abeng Sagara :D
      Sagara berarti laut, nama yang keren!

      Alhamdulillah, hehe. Sedikit banyak saya juga merasakan sih, penurunan keaktifan teman-teman blogger. Termasuk saya juga sempat hilang, beberapa bulan yang lalu. Kini mencoba kembali aktif wkwkkw.

      I feel you hehe. Pageviews secara umum masih ada, PA/DA meluncur terjun bebas ke angka nol, hilang sama sekali. Tapi tidak masalah, bisa dibangun kembali. Benar kan?

      Terimakasih banyak :D semoga kita semua bisa tetap berkontribusi sebagai blogger /apadeh xD

      Delete
  7. Kalau promo mah memang gitu, Za. Menarik d.awal karena murah. Tapi kalau d.perpanjang mayan juga euy harga segitu mah..wkwk

    Aku aja baru perpanjang domain, padahal habisnya tanggal 29 Jan ini, tapi takut lupa ya udah d.perpanjang aja. Dulu aku sempet d.niaga tapi sekarang pindah ke idwebhost. Bukan cuma ramah, tapi bayarnya mudah. Tinggal kasih uang ke temen kos, tetengga kos lebih tepanya. Karena dia kerja d.sana. Jadi nitip aja ini uang perpanjang domainya..he. Pas dia pulang kerja udah jadi deh d.perpanjang :D

    Nah yang ini baru, mudah d.baca, d.ingat dan d.tulis pun tetap sama seperti mengucapkan. Tapi ide komen teh Lulu Khodijah boleh juga tuh, bukan terlalu jaduh menurutku. Tapi biar ada perubahan. Domain baru, tampilan baru, itu aja sih..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih dari setuju. Lagipula sepertinya domain .net sudah tidak diberlakukan lagi pelayanan untuk membuat baru. Selamat datang untuk saya di domain .com hehe.

      Wah enak tuh ada teman dekat yang bisa dititipi. Tapi alhamdulillah sih, sekarang banyak pembayaran yang bisa dilakukan di toko serba-ada yang ada di mana-mana dan dekat rumah. Jadi gak perlu jauh-jauh ke bank atau bikin mobile banking (ini penting sebenarnya, tapi untuk saya sekarang belum perlu).

      Saya pernah baca tuh dulu sekali, 'katanya' kalau gonta-ganti template berakibat sesuatu pada blog tersebut, wkwkkwkw. Mungkin kalau yang gak responsif sih ya. Saya sedang memikirkan dan mencoba menemukan template baru sih tapi. Semoga segera terlaksana!

      Delete
  8. alamat kalau pake net
    aku pas awal mau ganti domain liat2 harganya dulu, mana nih yang murah dan bisa kejangkau buat ke bayar untuk tahun-tahun berikutnya, makanya dari awal pilih com, hehehe..

    aku sendiri ganti nama domain dua kali ra, yang pertama avvtr dot com, awalnya seneng banget, tapi lama-lama kayak risih juga. kayaknya banyak yg g ngeh sama avvtr, soalnya susah ejaannya. aku putuskan untuk menggantinya dengan heypipit yang menurutku lebih enak didengar dan mudah ejaannya. tapi kalau buat blogger yang nyari pundi2, ini mah udah ngerusak tatanan, wkakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu kala harganya setara dengan com even slightly cheaper :(
      Tapi ntah, ini kayanya net naik kasta sehingga dia melambung tinggi harganya, huhu.

      Tolong beritahu saya apa itu avvtr, singkatan dari apa dan apa filosofinya xD

      Dan aku tidak mengerti, memang ada apa dengan domain kakak (heypipit) sehingga merusak tatanan untuk mencari doku doku? :/

      Delete
  9. Ahaha, saya juga dulu ganti domain dua kali sebelum sreg sama domain blog yang sekarang. Alasannya juga karena domain yang sebelumnya sulit dilafalkan hahaha. Selamat datang, domain baru!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kadang suka seenaknya sendiri. Yang bisa baca juga diri sendiri, sementara kawan hanya bisa mengeja lewat imajinasi. Tak bisa terucap wkwkwk.

      Terimakasih banyak dunia!

      Delete
  10. Coba pake setup redirect 301 kak. Ada tambahan script di kode htmlnya. Coba disearch di Google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak :D
      Saya sudah baca-baca sedikit tentang redirect 301. Buat saya agak rumit, tapi masih trus diusahakn supaya ngerti hehehe.

      Terimakasih kak :D

      Terimakasih juga sudah berkunjung ^_^

      Delete
  11. Hi zahra...😁 Aku baru pertama main ke sini. Maklum, diriku blogger jarang maen...kebanyakaan setrikaan di rumah.

    Aku ganti template, pv nya kok anjlok juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Tri :) hehe apa kabar?
      Terimakasih sudah bersedia berkunjung ^^

      Mungkin karena responsifitas (?) template blog nya kak?
      Soanya saya pernah baca, template yang responsif itu bagus untuk crawling mesin pencari google :D

      Delete
  12. Anjir, baru tahu kalau .net cuma bisa buat pelanggan lama. Mahal pula.

    Sama sih, alasan dulu ganti domain karena agak susah dihafal dan ada huruf rangkap. Padahal waktu itu trafiknya sempat mencapai 1.000 per hari. Habis ganti langsung turun jadi 500-600. Perlu edit satu per satu internal link. Anehnya, malah enggak ngaruh. Justru semakin ke sini merosot. Mungkin karena beberapa temen bloger yang biasa BW mulai vakum juga. Belum lama ini saya pasang ke https, trafik makin hancur. Tapi enggak apa-apalah, yang penting blog aman. Lagian udah enggak mikirin statistik. Wahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwkw oleh karena itu warga dunia, saya sudah tidak relate.
      I'm out.

      Wah itu lumayan banget, saya juga saya juga. Saya malah bablas ntah kemana bagai disiram air, bersih. Lol.
      HTTPS yah? Begitukan? Saya juga ikutan pasang keikut omongan pemberitahuan Google. Karena ga tau apa-apa (awam) ya diikutin aja langkahnya. Efeknya, gaktau wkwkwk.

      Benar itu. Malah teman ada yang bilang, nanti ada 'kematian' internet. Akhirnya jadi kepikiran membuat versi fiik blog haha.

      Statistik is bonus xD

      Delete
  13. Kenapa harus "entertain scientifically" kalau bisa "entertain freely". Eaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karenanya sebenarnya 'entertainment' itu sudah suatu hal yang relatif, jadi bebas bebas aja. Hm. Konklusi yang terdengar keren tidak?
      /apa apa apa xD

      Karena saya suka hal yang ilmiah seperti fisika, seperti Anda.

      Delete
  14. apa hanya saya yang suka dengan .blogspot.com meski sempet ingin diubah ke TLD?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TLD terdengar lebih 'bergengsi' dan 'profesional'.
      Trus tuntutan 'pekerjaan' juga tuh. Biasanya kan yang mau content placement maunya yang TLD haha. Lomba-lomba juga, setahu saya, banyak yang minta TLD.

      Kalau suka sukaan mah saya juga suka tuh blogspot, ga pake bayar pertahun gratis xD

      Delete
  15. Baguslah, domain yang sekarang terlihat lebih read-able cmiwiw skidipapapap!
    Kalau saya sih setuju sama alasan yang susah di eja & dibaca, kalau mirip sama olshop? Kayak e enggak juga, Za. Mungkin itu hanya perasaanmu saja, Rosalinda.

    Weh, iya, ya? Otomatis link yang ada di blog ku juga ganti. *buru-buru edit link yang menuju ke blog ini*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Apakah ini termasuk pahala karena memudahkan urusan orang dalam membaca domain blog saya? Wkwkwkwwk.

      Tak apa, Rosalinda dan Zahrah memiliki arti yang lumayan mirip.

      Wah, memangnya ada ya link blog ini di blog Anda? Saya terkejut xD

      Delete
  16. Efeknya serem juga buata saya... Harus mikir 2 kali kalau mau ganti, semoga saya nggak kepikiran ganti dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blog nya sudah besar banget, harus dipikirkan berulang kali hehe.

      Disesuaikan dengan kebutuhan saja kak :D

      Delete
  17. aku juga baru beli domain sih , emang efeknya view , tapi lama lama naik sendiri kok , yah seminggua n udah kelihatan sih dikit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali :D

      Ya sama aja kayak gimana memperjuangkan blog baru hehe.

      Delete
  18. kalau internal link sebenarnya gampang bahkan ga perlu diganti... nah mulai sekarang kalau bikin internal link, misal tulisan ini nih, kan link lengkapnya http://www.zahrahnida.com/2019/01/efek-ganti-domain.html

    kalau mau bikin tautan ke dalam blog sendiri pakai ini aja /2019/01/efek-ganti-domain.html , jadi meskipun kedepannya ganti domain lagi ga akan rusak atau harus di set ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAH!
      Saya baru tahu ada trik seperti ini yang sangat berguna dan bermanfaat. Terimakasih banyak atas informasinya. Saya cukup pusing untuk mengganti semua internal link yang pernah saya masukkan di blog ini.

      Siap laksanakan! Sekali lagi terimakasih banyak :D

      Delete
  19. Semoga lebih sukses dengan domain barunya ya... Lebih semangat untuk mengejar 3 tahun yang sudah hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah benar sekali ya Allah T_T

      Baiklah saya akan (selalu) berusaha untuk semangat!
      Terimakasih banyak atas motivasinya :)

      Delete
  20. Betul sekali.. SEO akan reset.. Blog kita tak akan dikenal oleh google..
    Mesti kenalan ulang... Misal ada blog kita dengan domain lama, biasanya nyasar ke "situs web tidak ditemukan.."

    Jadi setia lebih baik.. hoho

    Btw.. Aku lama tidak bersua di blog ya.. hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tapi kalau setianya toxic gimana? Hehehehehe.
      Insyaa Allaah keputusan yang saya ambil ini akan memperbaiki maslahat yang muncul di kemarin hari.

      Mohon doa supaya lancar 'kenalan lagi' sama Google xD

      Iya, selamat datang kembali wkwkwk.

      Delete
  21. kalau aku ada cerita, karena selama setahun ini page viewnya terjun bebas cuma 50% saja, akhirnya nyoba ganti tema, eh ternyata pengaruh, langsung kembali normal, kenapa ga dari dulu ya.. selamat buat alamat barunya, semoga makin cetarrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tema konten blog atau tampilan?

      Emang kadang kudu diutak-atik dulu biar pas hehe. Terimakasih banyak! :)

      Delete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Hello from the other side! Syukran so much sudah baca tulisan saya sampai akhir. Gimana? Silahkan ruahkan pendapat kamu~ ヽ(⌐■_■)ノ♪♬
Kalau gak komen, gimana aku bisa kenal kamu.


Maaf ya, komentar dengan link aktif tidak diperkenankan.

Instagram